Ajaran dan Jalan Kematian Syekh Siti Jenar View larger

Ajaran dan Jalan Kematian Syekh Siti Jenar

New product

Rp‎ 100,000.00

Jika kamu mendakwakan bahwa hanya kamu sajalah kekasih Allah dan bukan manusia-manusia yang lain, maka harapkanlah kematian jika kamu adalah orang-orang yang benar (QS 62:6)

Pandangan Syeh Siti Jenar bahwa hidup yang dialami manusia sekarang ini adalah justru kematian jelas bertentangan dengan pendapat Wali Songo, Ijmak ulama dan pandangan resmi kerajaan Demaj Bintoro. Demikian pula pendapat Syeh Siti Jenar bahwa di dunia fana ini sudah terdapat surga dan neraka. Menurutnya, dalam alam ini manusia mengalami keberuntungan dan kesialan yang merupakan ganjaran surga dan neraka.

Bagi Siti Jenar, para wali salah dalam memahami hidup dan mati, surga dan neraka. Adalah keliru jika sekarang ini disebut alam kehidupan dan nanti disebut alam kematian. Karena itu Syeh Siti Jenar siang malam berusaha mensucikan budi, dan menguasai ilmu luhur. Hal itu demi kemuliaan jiwanya dan manusia lainnya menuju kehidupan yang hakiki. Dan ini tercermin saat eksekusi dijatuhkan padanya, ia justru memilih jalan kematiannya sendiri.

Buku ini memfokuskan pada pembahasan ajaran dan jalan kematian Syeh Siti Jenar. Suatu bahasan yang diharapkan dapat menguak kearifan sufistik di saat konflik elite yang tak kunjung reda. Konflik dalam diri kaum santri yang tengah mendapat angin segar paska keruntuhan Majaoahit.

PenulisDR. Abdul Munir Mulkhan
CoverSoft Cover
LanguageBahasa Indonesia

Specials products

No specials at this time.

Product successfully added to the product comparison!