Agama Jawa: Ajaran, Amalan, dan Asal-Usul Kejawen View larger

Agama Jawa: Ajaran, Amalan, dan Asal-Usul Kejawen

New product

Rp‎ 71,250.00

Rp‎ 75,000.00

-5%

Orang Jawa mengimani adanya Tuhan Yang Maha Esa, dan memeluk salah satu dari agama-agama yang diakui di Indonesia. Namun tak dapat dipungkiri bahwa mereka memiliki pedoman-pedoman tertentu yang berkaitan dengan tatacara yang bersumber dari ajaran luhur nenek moyang yang diwariskan secara turun-temurun.

Tatacara itu terbentuk saat para penemu dari ajaran masing-masing dan atau penganutnya mengadakan laku batin sehingga komponen-komponen pembentuk agama pun terpenuhi. Oleh karena objek penelitian adalah kelompok atau paguyuban yang berada di Jawa, dan menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa pengantarnya maka penulis buku ini mengkategorikan kepercayaan tersebut sebagai Agama Jawa. Didukung pendapat dari para ahli antropologi dan ahli agama.

Ini sangat menarik, berbagai paguyuban yang mengimaninya biasanya hanya disebut sebagai sekte atau bahkan sempalan. Ternyata dalam penelitian ilmiah ini dikatakan sebagai para penganut Agama Jawa. Doktrin dalam Agama Jawa ditulis terperinci menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan diperdalam dengan penghayatan sehingga diperoleh gambaran umum mengenai konsep suatu doktrin yang menjadi benang merah seluruh paguyuban.

Mengekspresikan religiusitas khas Jawa, secara batiniah maupun implementasi, bagi banyak orang Jawa dianggap mampu mengatasi kegelisahan hidup dan memberikan rasa nyaman. Bagaimanakah hal itu terjadi? Mengapa Agama Jawa selalu menempati ruang yang demikian istimewa di hati masyarakat? Temukan jawabannya di buku ini!

ISBN9786021996249
PenulisProf. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum
PenerbitNarasi
CoverSoft Cover
LanguageBahasa Indonesia

Specials products

30 other products in the same category

Product successfully added to the product comparison!