Ritual Kematian Islam Jawa View larger

Ritual Kematian Islam Jawa

New product

Rp‎ 75,000.00

Pengaruh Tradisi Lokal Indonesia dalam Ritual Kematian Islam
Dalam tradisi Indonesia, ada tradisi ketika jenazah diberangkatkan ke pemakaman, keluarga yang ditinggalkankhususnya anakdisuruh berputar mengitari jenazah melewati kolong usungan. Tradisi ini disebut terobosan (blobosan). Hal ini dilakukan, konon, supaya anak itu tidak terlalu dan selalu ingat kepada orang yang sudah mati.
Padahal, tradisi itu jelas bukan berasal dari tradisi Islam. Jika ditarik jauh ke belakang, menurut asal-muasalnya, tradisi itu muncul dari daerah Melayu, khususnya pa' pa' lebai dan para pemimpin adat. Tapi, berkembang juga sampai di Jawa. Akan tetapi, secara logis, ritual tersebut tidak memiliki pengaruh apapun bagi jenazah. Bahkan, bisa dibilang keyakinan seperti ini, justru memunculkan bibit khufarat baru, yang lama kelamaan akan memunculkan anggapan bahwa hal tersebut merupakan ajaran Islam.
Buku Ritual Kematian Islam-Jawa ini mengulas tradisi budaya dan agama yang berkembang di masyarakat, yang terkait dengan tradisi-tradisi kematian, dengan analisis mendalam. Harapannya pembaca mengetahui duduk persoalan suatu tradisi kematian yang terlaksana di masyarakat. Di mana, perspektif agama memberikan posisi dan porsi atas tradisi tersebut. Tidak semua ritual-ritual kematian yang hidup di tengah-tengah masyarakat ada dalil dan nash-nya.
Lantas, bagaimana hukum ritual/tradisi budaya masyakarat Indonesia dengan ajaran Islam?

ISBN979-168-241-0
PenulisKH Muhammad Solikhin
PenerbitNarasi
CoverSoft Cover
LanguageBahasa Indonesia

Specials products

No specials at this time.

Product successfully added to the product comparison!